Pengertian Mitos & Fakta Orang Introvert


Manusia memang diciptakan tuhan berbeda-beda, mulai dari bentuk fisiknya, bahkan sampai kepribadiannya, itulah yang menjadikan kita manusia sebagai makhuk yang sempurna. Berbicara mengenai kepribadian, kita sebagai manusia pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Apakah sobat termasuk orang yang suka menyendiri? Atau tidak suka pergi-pergi ke tempat umum? Berarti sobat adalah orang bersifat Introvert! Apa sih sebenarnya Introvert? Apa saja ciri-ciri-nya?

Mari kita bahas disini.


Sebelumnya jika sobat belum yakin apakah sobat termasuk Introvert atau Ekstrovert
Sobat bisa mengikuti Quiz Saya Introvert atau Extrovert sederhana ini. Klik aja disini

Pengertian Introvert
Sifat Introvert adalah orang yang berorientasi pada diri sendiri, dalam arti dia itu penyendiri, kurang peduli dengan dunia luar. Tapi apakah dengan begitu lantas orang-orang bersifat introvert ini memiliki sifat pendiam dan Individual? Tidak benar, banyak pandangan yang salah mengenai sifat introvert ini, seringkali masyarakat malah mengucilkan dan menjauhkan orang-orang Introvert karena sifat Individualisnya, tetapi sebenarnya orang-orang Introvert mempunyai banyak sekali sifat yang positif. Karena kesendiriannya orang-orang bersifat Introvert mengetahui betul apa arti dari Kesetiaan dan Persahabatan.

Ciri-ciri orang Introvert

Mitos : Pemalu & Jarang Bicara
Fakta : Berbicara dan Berinteraksi Seperlunya

Orang-orang Introvert dikatakan sebagai pemalu dan tidak suka bersosiaisasi, sebenarnya ini tidak benar. Sebenarnya orang introvert bukan tidak suka bersosialisasi, tapi mereka tidak suka basa-basi dan hanya berbicara sesuatu yang ingin mereka katakan dan menurut mereka penting. Tapi, jika orang Introvert sudah bertemu dan membicarakan topik kesukaanya, mereka akan berbicara terus tanpa henti.

Selain itu Introvert bukannya pemalu, mereka tidak takut untuk berinteraksi kepada orang lain, tetap mereka hanya berinteraksi kepada orang lain jika mereka punya alasan dan penting bagi mereka. Maka dari itu jika sobat ingin mengajak bicara seorang Introvert, biasanya sobat terlebih dahulu-lah yag membuka percakapan dan biasanya orang Introvert ini juga membalas percakapan seperlunya saja. Tapi perlu diingat juga! Orang-orang Introvert tidak suka orang pencari sensasi dan perhatian.


Mitos : Tidak Menyukai Hubungan dan Selalu Ingin Sendirian
Fakta : Memegang Teguh Persahabatan dan Tulus

Orang Introvert bukan tidak ingin memiliki hubungan, tetapi mereka sangat menghargai jika mereka memiliki hubungan khusus dengan sedikit orang. Menurut mereka, semakin sedikit teman maka semakin sedikit masalah yang dirimbulkan, mereka lebih suka fokus dan memperhatikan teman-teman yang memang mengerti mereka. Jika sobat beruntung memiliki dianggap sahabat oleh orang Introvert, sobat akan memiliki sahabat yang sangat setia dan akan diterima keberadaanya oleh mereka.

Karena itulah, orang introvert lebih suka sendirian dan tidak banyak jalinan, karena prang Introvert sangat nyaman dengan fikiran mereka sendiri, dan memiliki banyak pencapaian, tetapi mereka juga membutuhkan orang untuk berbagi mengenai apa yang mereka telah capai. Mereka hanya membutuhkan Satu Orang untuk berbagi hal tersebut. Karena itulah orang Introvert sangat setia dan tulus kepada orang yang mereka anggap sahabat.

Mitos : Tidak Suka Tempat Umum dan Aneh
Fakta : Tidak Suka Terlibat Kegiatan Publik dan Unik

Orang-orang Introvert bukan tidak suka pergi ke tempat umum, tetapi mereka tidak suka berada di tempat Publik  untuk waktu yang lama karena mereka tidak ingin terlibat dalam berbagai kegiatan publik yng ramai dan penuh kesibukan karena cara kerja Otak mereka berbeda dengan orang Ekstrovert. Orang Introvert mempunyai saraf yang sangat sensitif terhadap Neuotransmitter, atau lebi dikenal dengan Dopamine, mereka tidak menyukai adrenalin dan pencari sensai, jika mereka terlalu banyak pembicaraan dan kebisingan, justru mereka akan melemah dan tenaga mereka justru akan cepat terkuras.

Introvert merupakan orang Individualis, mereka tidak suka mengikuti apa yang sedang populer atau yang masyarakat sebut trend. Cara hidup mereka yang tertutup dan tidak mengikuti trend ini-lah yang menjadikan mereka mempunyai pendirian yang kuat dan tak mudah terpengaruh, selain itu mereka-pun mempunyai dan membuat Trend sendiri untuk diri mereka, mereka lebih suka hidup dari sesuatu yang mereka anggap keren, oleh karena itu Introvert sering disebut aneh oleh masyarakat karena kepribadiannya yang tidak seperti masyarkat umum.

------------------------------------------------------------------------------

Jadi sobat yang merasa mepunyai ciri-ciri sebagai orang introvert, tidak usah berkecil hati. Jika tidak ada mereka, tidak akan ada itu Seniman, Surtadara, Ilmuwan dan Jenius-jenius lain di dunia, jangan mau dipaksa untuk berubah. Untuk sobat yang mempunyai teman introvert, hargailah dia dan berilah dia kesempatan untuk bicara karena jika sobat sudah mengenal dekat teman Introvert, sobat pasti akan menemukan sesorang yang sangat setia, enak diajak ngobrol dan memang menyenangkan untuk bertukar fikiran.

Be Your Self!
Nah! Jika sobat ingin mengetes / mengetahui apakah sobat Introvert atau Extrovert
Sobat bisa mengikuti Quiz Saya Introvert atau Extrovert sederhana ini. Klik aja disini
Untuk sobat yang ingin tahu apa sih Pengertian & Ciri-ciri EkstrovertKlik aja disini.

Komentar sobat motivasi saya tuk menulis!

Related Post:

92 komentar:

  1. Terima Kasih atas postingannya, sangat menarik :D

    Jujur saja Saya ini juga seorang Introvert. Sulit berkomunikasi dengan orang lain, pendiam, pemalu, bahkan penyendiri -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama sobat.
      Saya juga seorang introvert, saya lebih suka menyendiri dan asik dengan fikiran sendiriTapi justru orang introvert jangan dianggap remeh, itu sudah sifat yang dikaruniakan tuhan pada sobat.Saya bangga menjadi orang introvert. Kenapa? Karena terkadang. Kita TIDAK membutuhkan Orang lain. Tapi Orang lainlah yang membutuhkan kita.

      ~Cheers! :D

      Hapus
    2. tpi gk asik aja menurut saya,kalo yg introvert itu seorng cowo

      Hapus
    3. Itulah introvert mistrius dan unik saya juga introvert

      Hapus
  2. bener banget ini waah :D nais inpoh :) :) :)

    BalasHapus
  3. saya banget ini,,,
    ya walau senang dengan kesendirian saya juga menikmati moment kebarsamaan walau tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama,,,
    sebisa mungkin saya menikmati keramaian

    BalasHapus
  4. saya banget ini,,,
    ya walau senang dengan kesendirian saya juga menikmati moment kebarsamaan walau tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama,,,
    sebisa mungkin saya menikmati keramaian

    BalasHapus
  5. Saya gak tau itu karakter saya atau bukan, tapi bnyak temen² bilang, kalo saya orang Yg introvert. Oleh karena itu saya kebetulan nemu posting itu, dan sdikit senang membacanya

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas infonya..wah..berarti saya adalah seorang introvert..saya memang suka menyendiri,,bukannya ngga punya temen sama sekali,tapi hanya beberapa..ada beberapa faktor knp saya suka menyendiri: saya tidak dihargai saat saya berbicara dengan tmn2 yg lain,sllu diremehkan,,banyak yang bilang saya "aneh" dan "misterius"..hehehe..satu lagi...artikel ini sangat bermanfaat bagi saya..Salam! -Vina,SMPN 1 banjarmasin(14thn)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Vina! saya senang ternyata ada yg pernah mempunyai masalah yg sama seperti saya, di SMP saya sering dijauhi karena aneh dan agak menyindiri, saya hanya punya beberapa teman yg benar2 mengerti saya. Tapi dengan kesendirian itu saya mengasah kelebihan saya, sehingga lambat laun saya banyak dibutuhkan oleh teman-teman saya, jadi akhirnya saya gak dijauhi lagi bahkan dibutuhkan. Saya tidak mencari teman, tapi teman yang mencari saya, dan itu rasanya menyenangkan ^^

      Intinya, Orang Introvert itu memang kelihatan aneh, tapi dengan keanehannya mereka mempunyai kelebihan yang sangat berguna. Ingat orang jenius dan gila bedanya tipis kan? Tetap semangat dan selalu berbuatlah kebaikan, kelak nanti kata-kata " si aneh" pada sobat pasti akan berganti dengan " si jenius"! .

      ~Cheers! :D

      Hapus
  7. Pas banget nih artikel nya sama saya. Saya juga pernah dianggap aneh waktu smp tapi saya juga mempunyai beberapa teman yang setia :)

    BalasHapus
  8. Ini saya banget. Saya memang suka menyendiri dan suka dengan keanehan yang ada pada diri saya. Namun menyendiri disini bukan berarti kita tidak membutuhkan orang lain, kita makhluk sosial ya pastinya saling membutuhkan yang lainnya. Hanya saja kita sangat selektif dalam berinteraksi sebab banyak diantara mereka yang tidak mampu memahami kita, pikiran kita, dan kelebihan kita.
    Dengan kata lain, perlu menggunakan metode khusus bagi mereka untuk bersosialisasi dg kita (para introvert)
    Sekian :-)

    Khusnul XII-PMS3 SMKN2TUBAN (Jatim)

    BalasHapus
  9. Saya memang orangnya gak terbuka, lebih banyak menyendiri dan lebih suka berdiam diri di rumah. terkadang saya bertanya apakah sikap seperti ini harus kita hilangkan atau kita rubah???apakah sifat sperti ini buruk?? pertanyaan itu selalu ada di dalam benak saya. Namun setelah membaca postingan ini saya merasa bahwa inilah mungkin yg diberikan oleh tuhan kpd saya, bukan sbg kelemahan namun justru sbg cara kita untuk bisa meraih sesuatu yg kita inginkan dgn jalan yg berbeda dgn orang yg biasanya...dan kita patut untuk mensyukurinya. Saya percaya bahwa jika orang lain bisa, maka saya bisa melakukannya lebih baik daripada orang itu.

    BalasHapus
  10. Hai Faris Kartawijaya, salam kenal. Tulisan yang bagus. Saya sangat terbantu, izin share ya. Saya juga salah satu diantara kalian dan saya pikir tidak mudah menjelaskan siapa dan bagaimana diri kita jika kita sendiri belum sepenuhnya kenal diri kita. Kalau sudah ketemu dengan kawan yang juga sama jadi bisa share bareng dan barulah kita merasa nyaman dan bisa lebih baik memperkenalkan diri kita pada lingkungan. Orang lainpun jadi bisa mengerti bahwa kita tidak aneh. Sekali lagi terimakasih dan salam kenal buat semua.

    BalasHapus
  11. menurutku kedua sifat ini sama pentingnya.. (saling melengkapi)

    akan lebih baik kalau hidup ini seimbang, jangan terjebak pada hal yg mendominasi.

    kalian bilang sifat kalian di salah satunya.. not sure karena kalian butuh test stifin.
    dan biasanya hasilnya di 3/4 atau di tengah-tengah.. karena setiap orang pasti punya keduanya. hanya saja lebih mendominasi sekian persen di salah satunya.

    thanks

    BalasHapus
  12. Dear Faris, I can not agree more on statement kalau introvert berbicara dan berinteraksi seperlunya. But I guess kepribadian ideal di masyarakat itu tetap kepribadian ekstrovert, jadi mau gak mau kita harus memaksa diri untuk “berinteraksi” yang sifatnya small conversation atau chit-chat. Gak mudah sih memang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks buat masukannya sobat, benar sekali statement sobat bahwa "ekstrovet" adalah kepribadian ideal, karena kita tahu sendiri bahwa untuk dapat masuk dalam masyarakat kita harus mampu berinteraksi dan bersosialisasi. Memang tak salah bagi orang yg dominan Introvert untuk memaksa berinteraksi dengan lingkungannya. Tapi yg jadi masalah adalah karena orng introvert tsb jarang bersosialisasi yg terjadi hanyalah Akward conversation. Dan jika masyarakat tidak menerima orang introvert tersebut dengan baik yang ada malah orang introvert tersebut semakin dijauhi dan dikucilkan karena dianggap "garing"lah.. maka dari itu saya coba menulis artikel ini berharap agar masyarakat/ orng2 ekstrovert bisa mengerti perbedaan dan dapat menerima orang2 introvert. Karena kedua sifat ini pada hikayatnya saling melengkapi.

      Glad that someone agree with my opinion :D
      And thanks for your great opinion!
      *cheers

      Hapus
  13. saya seorang introvert.. apa introvert itu sebuah kelebihan ato kekurangan ?? karna saya juga sering di bilang aneh sama teman2 saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya Introvert itu bukan kekurangan maupun kelebihan.. Introvert adalah sifat bawaan yang diberi tuhan. Seperti manusia yg diciptakan berbeda-beda, ada orng yang jago seni, ada yg jago masak, jago olahraga dll. Nah dalam kasus ini orang tersebut dibedakan antara Introvert & Ekstrovert dalam cara dia berhubungan/berinteraksi dengan orang lain.

      Seperti yg saya tulis, memang pandangan orang-orang ekstrovert lah klo orang Introvert itu aneh. Kenapa? Karena kedua sifat ini layaknya Yin dan Yang. Bertolak belakang tapi saling melengkapi.
      Jika ada yang bilang Sobat Shintia aneh. Tak usah pedulikan, toh itu memang sifat sobat! Berarti dia yang tidak bisa menerima sobat!

      Banyak orang Introvert yang awalnya disebut Aneh, Sinting, Gila. Tapi dimasa depannya menjadi orang sukses, contohnya Einsten dan Bill Gates. mereka adalah orang introvert yang semasa mudanya dibilang aneh/ bahasa gaulnya Freak.

      So, keep calm dan BE YOUR SELF!
      *Cheers

      Hapus
  14. Introvert adalah pilihan sifat hidup saya,kenapa?
    saya ingin menjadi dewasa.
    Banyak sekali orang sekitar ingin mengajak saya bermain keluar and bersosialisasi dengan orang luar.
    Terus juga banyak yang bilang ke saya "eh,kenapa siih lu gak main keluar".
    Saya menjawab hanya"ini masa dewasa bukan masa2 senang"
    Lebih baik saya belajar dan browsing di rumah daripada main ke luar yang bikin saya lupa waktu dan takut terjerumus ke yang tidak benar.

    BalasHapus
  15. Tp nggk smua introvert nggk suka mnyrndiri kan????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, orang introvert tidak selalu diibaratkan "si terasingkan" :)

      Hapus
  16. Mau nanya ni apakah introvert ada hubunganya dengan golongan darah. Terutama darah AB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara gamblang memang sifat Introvert itu sedikit terkait dengan gen darah.
      Nah Orang bergolongan darah AB, mempunyai sifat Introvert yang lebih dominan dibanding ekstrovert. Oleh karena itu rata2 orang AB cenderung mempunyai sifat introvert dari keturunan, jika Sobat bergolongan darah AB maka sobat biasanya diwariskan sifat sifat introvert seperti "deep thinker", "good emotion management" dsb.

      Namun walaupun warisan, semua itu dapat dirubah pula tergantung dimana dan dengan siapa sobat bergaul, sehingga terkadang sifat introvert itu sendiri seimbang dengan ekstrovert.

      ~Cheers :D

      Hapus
  17. Saya seorang introvert,
    karena saya tidak mengetahui dimana letak keistimewaan dari diri saya
    kadang saat bergaul saya menjadi orang lain agar disukai oleh teman-teman
    padahal sikap seperti itu membuat saya sangat tersiksa dan ingin pergi menjauh

    saat saya sudah mulai jenuh menjadi orang lain untuk bersosialisasi,
    saya akan pergi meninggalkan teman yang membuat saya berubah
    dan dengan cepat teman saya bisa melihat perubahan dari diri saya :')

    thanks buat postingannya

    BalasHapus
  18. Sy tidak mengetahui bahwa saya adalah orang introvert. Tapi setelah sy membaca artikel ini, sy dpt mengerti mengapa banyak teman-teman yg cenderung menjauh

    Karna saat ini sy masih berumur 15 tahun jd sy kurang menanggapi pendapat teman-teman sy

    Mungkin sewaktu SMP sy hanya memiliki 3 sahabat yg dekat dgn sy, karna kami menyukai hal yg sama

    Tapi saat sy merasakan kata SMA, sy tidak mengenal siapapun yg dapat dekat dengan saya sampai sekarang

    Banyak yg blg sy itu sombong, aneh, dll
    Tp apa yg mereka ketahui tentang sy

    Karna sifat ini lah sy mendapatkan beberapa masalah di awal masuk sekolah

    Saat sy memasuki organisasi, sy mencoba untuk bersosialisasi, dan yg sy dapatkan hanya kata aneh

    Entah, apa yg sy pikirkan saat itu

    Tapi sy merasa nyaman dgn sifat spt ini, dari segi manapun sy dapat melihat sifat org lain dan menilainy

    Makasih atas postinganny
    Ini membuat sy dpt lbh memahami diri sy

    BalasHapus
  19. sedih bacanya, karena saya pikir saya sendiri di dunia ini yang punya sifat seperti itu. Ternyata banyak ya di luar sanah..

    tapi lebih sedih lagi karena susah sekali membuat org lain bisa paham dan bisa menerima sifat saya yang seperti itu. Saya selalu dibanding-bandingkan dengan teman saya yang tidak introvert, dimana dia selalu dianggap lebih baik daripada saya. Padahal aslinya??? Who's know??

    BalasHapus
  20. Terus gan kalau ada yang bertanya "eh, kok kamu dikamar terus sih?.. Gak bosen apa?" --- "eh, kok kamu gak pernah mau gabung?" ... itu saya harus jawab gimana ya gan?
    Terkadang saya kesal sekali kalau di tanya seperti itu, karena itu kan hak saya..

    Btw, artikelnya ngena banget gan, itu semua ada di saya.. haha.. Terus lanjutkan gan,, TOP deh buat agan..

    Salam, Engineers..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada yg nanya seperti itu, lihat mereka bertanya seperti itu dalam maksud apa?
      Meledek atau mengajak, klo hanya ingin ngeledek, biarkan saja toh itu hak kita untuk berbuat apa yang kita suka, memang siapa mereka? Mencampuri urusan orang lain saja, asalkaan.. Waktu kesendirian itu kita gunakan untuk hal yg positif seperti membaca, membuat sesuatu produktif, berkreasi, dll.

      Tapi jika memang terkadang kita terlalu asik dengan dunia kita sendiri, jangan membuat kita terasing dari luar, terkadang2 kita juga harus sedikit bergaul untuk tetap bisa beradaptasi dgn zaman. Hanya saja memang cara gaul orang introvert sedikit berbeda. Nah disitulah tantangannya.
      Jadilah diri sendiri dan jangan dengar hinaan orang lain..

      ~Cheers :)

      Hapus
  21. Oia, satu lagi tambahan.. kalau orang introvert itu rela mengorbankan waktu, pikiran & tenaga nya hanya untuk sahabat nya walau kondisi orang introvert pada saat itu sedang sibuk.

    Jadi beruntunglah seseorang itu jika memiliki orang introvert sebagai sahabat nya. Karena introvert merupakan pendengar yang baik.

    Salam, Engineers..

    BalasHapus
  22. bagi aku malahn lebih asik berteman dengan orang introvert
    karena mereka gak neko2 dan setia serta tulus dalam persahabatan
    apalagi kalo udah diajak ngomong satu topik,,pasti gak kerasa udah satu atau dua jam lebih ngomong
    jadi apapun sifat kita,,,selama itu tidak mengganggu orang lain dan selalu berada di jalan yang benar
    gak usah takut...
    biarlah dunia membencimu asalkan Tuhan menyayangimu :D

    BalasHapus
  23. saya banget ini...
    temen banyak yang bilang kalau saya orangnya sangat tertutup. tapi saya punya alasan kenapa saya menutup diri.
    temen-temen bisa mudah beradaptasi dengan orang baru. tapi kenapa itu sulit bagi saya?. kecuali orang baru itu mempunyai pemikiran yang sejalan sama saya.

    BalasHapus
  24. Saya juga introvert...
    Cenderung mjd pengamat thd lingkungan sekitar. Namun terkadang Saat didera masalah tiada tempat utk menumpahkan uneg

    BalasHapus
  25. Gw termasuk golongan introvert, dan karena itu teman gw gak banyak, padahal gw pengen pnya banyak teman, tapi kok yah..

    BalasHapus
  26. waw sangat menarik hmmm jadi pengen cerita nih karna hampir semua yg koment introvert
    kalo q jujur menurut q dulu waktu kecil adalah seorang extrovert tulen tapi semenjak smp q udah bener2 berubah mungkin karna efek lingkungan yg waktu itu q pindah ketempat yg lebih tenang (ponpes) dan q lebih suka dengan ilmu pengetahuan (ceritanya q sendiri yg jga pengen berubah :) )

    dsb dan sampai saat ini q telah menjadi seorang introvert tulen padahal q sudah pulang kerumah dan sekolah menengah atas disini namun seiring berjalanya waktu beberapa temanku mengganggapku individual dan sombong karna sudah lama q tdk keluar bareng dngn mereka beberapa ada yg mengajak q untuk sekedar keluar awal2 sih oke tapi ini malah keseringan jadi kemudian q hanya bnyk beralasan untuk tdk keluar yg mungkin ahirnya membuat mereka kesal dan benci yah terserah lah q sekarang pngn fokus gmana q bisa sukses dan kalo sudah tercapai tentu q akan meluangkan waktuku yg sekarang ku anggap berharga ini untuk melampiaskan masa abg dngn mereka
    yah mereka hanyalah teman2q yg kurasa hanya suka keluyuran
    sebagai seorang introvent q merasa cukup banyak teman tapi hanya beberapa sahabat dan menurutq sahabat adlah orng yg sangat pengertian dan tdk egois tentu q menempatkan mrk seperti q menyayangi diriku sendiri dan menurutq seorang introvert emang memiliki hayalan dan pemikiran yg luas q merasa sangat senang dngn hal itu dan
    POSTINGAN agan yg bawah tentang introvert tdk suka meniru hal2 gaya populer yg umum tetapi mereka lebih senang dngn gaya mereka sendiri yg menurut mrk lebih keren itu gw banget gan hehe

    gw menanggap itu adalah sebuah tandingan dan gw introvert yg sangat ngebenci orang2 yg baru kenal trus menjudge bahwa introvent orang yg kuper ,egois, anti sosial ,ketinggalan jaman bodoh hidup dibatu dan tdk berguna

    bukanya apa mungkin kalo seorang introvert yg super woles memang tdk akan dihiraukan karna tuduhan tdi tdk benar
    namun saya merasa saya adalah introvert garis keras dan mempunyai agenda yg saya sangat berharap akan terjadi dan membuat orang2 yg menjudge tdi ngemis sambil mewek2 nangis guling2 minta permen karna mengetahui siapa sebenarnya introvent itu haha (ceritanya lagi balas pantun nih gan :v )

    ehh BTW gmana kalo qt buat komunitas INTROVERT :D g usah segan2 sesama introvert biar jdi lebih hebat keren dan lebih sehati jiahahaha

    BalasHapus
  27. aduh maaf gan ternyata saya tdk introvert barusan cobain test diatas tpi pas baca posting introvert diatas kok feel bngt yah lo q introvert

    pertanyaan soalnya menurut q rada2 bingung
    jdi q punya 2 jawaban jawaban pertama dpt 16 eh yg ke 2 dapat 15 njir AMBRIVERT ya namanya
    wah tpi tdi lum selsai ditulis y pngn baca gan kelanjutanya sip dah

    BalasHapus
  28. kayanya sy lebih parah dari seorang introvert
    .
    sy anti sosial bgt,malah wktu kk sy nikahan jg sy ga hadir,skrg sy lg pusing stengah mati,teman sy (tetangga) mau nikah,sumpah demi tuhan sy males bgt gan,masalahnya bukan sy ga mau hadir tp sy sprti kehilangan rasa ketika di hadapan bnyak org,sy hilang,siapa sy?mau basa basi ga bisa,diem mulu ditatapin aneh,bahkan ketika bicara pun seakan hati ini menolak,gemetar gugup,missing in action,ktawa terpaksa,akhirnya sprti mendustai diri sndiri..
    sy 5thn jarang keluar rumah,keluar cuma terpaksa pas cukur rambut aja..
    sy malah merasa menderita,merasa tertekan di kampung halaman sndiri...
    bahkan smpai skrg pun sy blum punya KTP baru yg elektrik itu,sy benar2 asing di negri sndiri.

    oh iya gan sy punya keinginan mendaki gunung tp ga ada kawan yg minat,sy udh bertahun2 ga terkena sinar matahari,kulit sy putih pucat gan.
    brgkali ada yg senasib sama sprti sy ini email sy bennitrisno@gmail.com
    mudah2an keinginan kita sama,naik gunung,atau ngeband jg boleh tuh..
    sy pingin bgt naik gunung smpe2 beberapa kali kbawa mimpi,kayanya cuma alam satu2nya temen sy,mudah2an pas turun gunung bisa sdikit merasa lebih baik setidaknya bisa membangkitkan semangat dan gairah tubuh sy yg sudah lama tdk terkena terik matahari

    oh ya sy termasuk org yg menyukai cuaca hujan drpd cuaca cerah,sy jg lebih suka malam drpda siang.
    mudah2an suatu saat perasaan sy seimbang

    BalasHapus
  29. pengen nangissss

    BalasHapus
  30. Ternyata tidak hanya saya aja yang mengalami hal demikian :) thnks bang untuk artikelnya, saya jadi bisa memandang hal positif dari sifat introvert saya..

    BalasHapus
  31. begini gan, saya sebenarnya bingung terkadang saya cenderung jadi orang introvet, setelah saya baca artikel ini semua seakan pas banget dengan saya, sesuai kenyataan saya. tapi terkadang saya juga menjadi extrovert, saya bisa berorasi dengan baik di depan umum. memimpin organisasii dengan baik. saya terus mencoba mengenali diri saya hingga saya mngetahui tentang kepribadian ganda. dan ada juga karena kebetulan golongan darah saya AB, orang dengan kepribadian ini memang mempunyai dua karakter, jujur saya pusing dengan karakter kayak gini, jadi semacam sering plin-plan, mohon tanggapanya gan,, dan terimakasih kunjungan baliknya blog saya (tipsciamik.com)

    BalasHapus
  32. Sepertinya saya mempunyai kepribadian dua"nya introvert dan extrovert karena saya memang mempunyai gol darah AB tp saat tes kok kepribadian saya jadi introvert dg nilai 19, jujur saya bingung dg kepribadian saya yg asli..

    BalasHapus
  33. Numpang post yaa..
    Saya juga orang introvert , tapi mau gimana lagi sudah tau kenyataannya begitu. Eitss.. tapi jangan bersedih hati gitu dulu.. walaupun introvert kita harus bangga juga ama diri kita yang hebat ini. Kita diciptakan Tuhan dengan sifat yang unik ini lho , sedikit yang ada sama kayak kita. Berarti kita langka dong hihi hebat dong kita. Sebagai orang yang langka yang hebat kita harus bangga lho.
    Oleh karena itu , saya membuat sebuah komunitas "Bangga Menjadi Introvert" . Tujuan komunitas ini adalah tempat kalian untuk berbagi perasaan , curhatan kalian sebagai orang introvert. Jadi kita bisa saling berkomunikasi lewat media sosial ini.
    Silahkan di like halaman facebook kita di https://www.facebook.com/banggamenjadiintrovert.15
    thanks ya.

    BalasHapus
  34. Sendiri asik bro ..introvert .. good ..

    BalasHapus
  35. Sendiri asik bro ..introvert .. good ..

    BalasHapus
  36. Salam gan,
    apa mungkin saya mempunyai sifat introvert juga ya gan?, saya dari smp selalu di bilang pendiam,penyendiri,bahkan teman saya hanya beberapa. saya susah beradaptasi ke dunia luar, saya juga tidak suka dengan keramaian, susah konsentrasi kalau sudah di keramaian apalagi ribut2 gitu. bahkan pas saya duduk di masa2 smk saya sekarang saya pernah di bilang "misterius", dan saya banyak di jauhin oleh teman2, tapi ketika saya mempunyai 1 kelebihan bahkan teman2 saya yang mencari2 saya kesana kemari.
    saya juga males ngobrol yang tidak2 penting, bahkan ketika saya bicara banyak yang mengabaikan. di masa2 smk ini saya hanya punya beberapa teman yang bisa mengerti saya, itu sudah membuat saya senang.

    mksh gan.

    BalasHapus
  37. Sama kayak saya....diem dirumah mulu...,,krna da faktor2 dimasa lalu...salam kenal...sya slalu menyendiri,mengasingkan diri..bahkan dibilang sombol dan gx gaul...

    BalasHapus
  38. Saya juga introvret. Saya lebih suka d dlm rmh. Dan menghadapi laptop seharian. Di banding harus berkumpul dgn tetangga say. Sesekali saya keluar rmh. Hanya untuk bertemu 1 org sahabt saya. Saya tdk perduli di bilang sombong karna tdk mau bergaul. Saya lebih suka malam. Suasana hening dan nyaman menurut saya. Saya tdk merasa diri saya aneh. Justru saya menikmatinya. Salam kenal semuanya

    BalasHapus
  39. wah ternyata banyak juga orang introvert disini . kirain cuma saya saja .. kira" seintrovert apa sih kalian... hehehe saya kira saya cuma satu"nya orang aneh yang ingin hidup mnyndiri .. bgi saya bnyak teman sprti bnyak masalah.krena tidak smua tman adalah tman yg baik. slain itu di skolah sya sllu sprti tidak punya tman.. forum" yang mereka buat dan canda tawa mereka terlihat sangat basi dan eneq dimata saya . apalagi acara kluar hangout dll sngat melelahkan dn tidak sya minati .mreka menganggap sya kuper karna sllu dirumah. tpi sya ttp happy krna drumah sya bsa bljar dn mmbntu org tua..bukan klayapan ga jlas .

    BalasHapus
  40. wah ternyata banyak juga orang introvert disini . kirain cuma saya saja .. kira" seintrovert apa sih kalian... hehehe saya kira saya cuma satu"nya orang aneh yang ingin hidup mnyndiri .. bgi saya bnyak teman sprti bnyak masalah.krena tidak smua tman adalah tman yg baik. slain itu di skolah sya sllu sprti tidak punya tman.. forum" yang mereka buat dan canda tawa mereka terlihat sangat basi dan eneq dimata saya . apalagi acara kluar hangout dll sngat melelahkan dn tidak sya minati .mreka menganggap sya kuper karna sllu dirumah. tpi sya ttp happy krna drumah sya bsa bljar dn mmbntu org tua..bukan klayapan ga jlas .

    BalasHapus
  41. gue juga seperti kalian tertutup dan kaya gak punya kehidupan, kerjaan dirumah aja .. kalo mau keluar rumah harus liat" dulu di luar rame sama tetangga atau gak....hahaha...
    kita bikin tongkrongan aja kali yaa, jd setiap minggunya nongkrong, siapa tau kita bisa berinteraksi...


    btw beni trisno, kalo lu mau ngerasain naek gunung ayo ikut gue...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaah,sama bang,liat orang rame yang ga sering kita liat bikin canggung,tapi lau yang kita kenal,slow aja,tapi nyatanya,gua juga bisa bekerja di perbankan yqng menuntut ketemu banyak orang baru dan karakter baru,wkwkkw,gua juga bisa berperan dalam drama musikal gua,padahal awalnya ga diperhitungkan,ehh bisa juga,semangat bang,

      Hapus
    2. hahahhaah,sama bang,liat orang rame yang ga sering kita liat bikin canggung,tapi lau yang kita kenal,slow aja,tapi nyatanya,gua juga bisa bekerja di perbankan yqng menuntut ketemu banyak orang baru dan karakter baru,wkwkkw,gua juga bisa berperan dalam drama musikal gua,padahal awalnya ga diperhitungkan,ehh bisa juga,semangat bang,

      Hapus
  42. Orang introvert biasanya jenius

    BalasHapus
  43. Orang introvert biasanya jenius

    BalasHapus
  44. PROMO NEW MEMBER BONUS 10% CASINO

    Minimal deposit Rp. 200.000,- dan maksimal bonus Rp. 3.000.000,-.
    Bonus 10% diberikan langsung setelah melakukan deposit.
    Withdraw dapat dilakukan apabila turn over telah mencapai 10x dari depo + bonus.
    Dilarang pindah kredit ke sesama member selama mengikuti promo bonus.
    Promo yang berjalan tidak dapat dibatalkan.
    Selama mengikuti promo new member maka tidak mendapatkan bonus Rollingan 1%

    BONUS ROLLINGAN 1%

    Minimal bonus Rp. 50.000,-.
    Khusus untuk member yang tidak mengikuti promo di 303agent.com
    Bonus Rollingan : 1%

    Hitungan Bonus Rollingan dari hari senin – minggu, dan akan dibagikan pada hari senin.



    BONUS MEMBER GET MEMBER 5%

    Bonus 5% dari deposit member yang direferensikan (hanya dapat 1x).
    Minimal deposit Rp. 500.000,- dan maksimal bonus Rp. 500.000,-.
    Bonus diberikan apabila member yang direferensikan mencapai turn oVer 5x dari deposit + bonus ataupun kredit habis.
    Bonus dibatalkan apabila terjadi kesamaan IP Address ataupun data lainnya.

    Untuk Info Lebih Lanjut Hubungi :

    CS : Nadia Shu Huang
    pin BBM : 565DF30B
    YAHOO : cs303agent
    line : 303agent
    wechat : Sakhongsaagent
    Instagram : Nadiashu303
    no tlpn : +85585736067
    Twitter : @nadiashu77
    Link Alternatif : www.6530388.com

    Salam : 303agent.com

    BalasHapus
  45. PROMO NEW MEMBER BONUS 10% CASINO

    Minimal deposit Rp. 200.000,- dan maksimal bonus Rp. 3.000.000,-.
    Bonus 10% diberikan langsung setelah melakukan deposit.
    Withdraw dapat dilakukan apabila turn over telah mencapai 10x dari depo + bonus.
    Dilarang pindah kredit ke sesama member selama mengikuti promo bonus.
    Promo yang berjalan tidak dapat dibatalkan.
    Selama mengikuti promo new member maka tidak mendapatkan bonus Rollingan 1%

    BONUS ROLLINGAN 1%

    Minimal bonus Rp. 50.000,-.
    Khusus untuk member yang tidak mengikuti promo di 303agent.com
    Bonus Rollingan : 1%

    Hitungan Bonus Rollingan dari hari senin – minggu, dan akan dibagikan pada hari senin.



    BONUS MEMBER GET MEMBER 5%

    Bonus 5% dari deposit member yang direferensikan (hanya dapat 1x).
    Minimal deposit Rp. 500.000,- dan maksimal bonus Rp. 500.000,-.
    Bonus diberikan apabila member yang direferensikan mencapai turn oVer 5x dari deposit + bonus ataupun kredit habis.
    Bonus dibatalkan apabila terjadi kesamaan IP Address ataupun data lainnya.

    Untuk Info Lebih Lanjut Hubungi :

    CS : Nadia Shu Huang
    pin BBM : 565DF30B
    YAHOO : cs303agent
    line : 303agent
    wechat : Sakhongsaagent
    Instagram : Nadiashu303
    no tlpn : +85585736067
    Twitter : @nadiashu77
    Link Alternatif : www.6530388.com

    Salam : 303agent.com

    BalasHapus
  46. alagkah indahnya bila anda (pemilik blog ini) menjadi sahabat saya. aku cinta artikel ini. trimakasih kawan. :)

    BalasHapus
  47. Kalau ingat,dari kecil rasanya saya emang udah pux gejala introvert.gak suka ada org baru,dekatx cuma sama kakak saja,pendiam tp sering di bilang aneh.Rasanya kalau diingat flashback lg,rada sedih jg sih krn sejak kecil bahkan lingk keluarga mengatakan sy aneh krn terlalu sensitif pdhal sy cuma gak suka suasana baru.pas smp,sy mencoba merubah diri saya dan hasilnya sy cuma lelah bersosialisasi dgn orla,rasanya seperti semut mengeroyok saya.ampe skrang klw ada yg mendekat,sy suka risih sendiri,berharap mereka meninggalkan sy sendiri.Bawaanx klw sendiri itu nyaman banget,energi tdk terkuras.Pernah suatu waktu sy ada pergi ke pasar and rumah keluarga kumpul2 bgtu,hasilnya pulang sy lgsung drop.pusing,lelah dan sesak nafas menyerang saya and sejak saat itu sy selalu mencari tau penyebabnya.Pas sadar karena sy tipikal intro,sy usahakan seminimal mgkin gak ketemu org

    BalasHapus
  48. Ntah bagaimana mereka menilai saya yang lebih banyak diam, tertutup, lebih sering sendiri dan lain2. Tetapi inilah saya. Saya bangga menjadi diri saya sendiri; seorang introvert.

    BalasHapus
  49. Jadi introvert memang sering di underestimate org. Dianggap aneh dan kadang gue ngga ngerti kenapa kok mereka ngejahuin gue. Tapi bagi gue hidup sbg intovert itu mutlak dan it's a hardship for being other. Gue happy menjadi introvert. Being introvert was a physiological function. So introvert tdk bisa jadi extrovert atau sebaliknya. Gue sdh pernah test level intovert gue dan level gue functional introvert. love my own minded of live

    BalasHapus
  50. Emang bener yah , saya seorang introvert.. Dibandingkan saat diajak pergi liburan ke suatu tempat saya lebih memilih untuk dirumah.. Bermain game atau hal hal lainyya seperti melihat animasi.. Dan juga saat saya berinteraksi dengan teman suka sering tidak didengarkan/dihargai , suka berdiam diri mendengar music saya juga baru paham.. Baru tadi saya cari tau... Karna kehidupan saya tidak seperti teman yang lain..

    Kalau ada kerumunansaya lebih suka menjauh.. Saya merasa bingung dan tidak mau tau apa yang akan sya bicarakan dan apa yang mereka katakan..
    Saya lebih suka menyendiri.. Karna itu membuat ketenangan yang menyenangkan...

    Saya juga biasanya pas masuk kelas tidak ada teman yang menyapa saya,
    Klau berbicara... Mungkin saya lebih suka chattingan dengan orang Dunia maya yang tidak saya kenal...
    Karena saya merasa itu lebih menyenangkan...
    Menarik .. Setelah baca artikel ini.. Ternyata yang mirip saya ada banyak yah...
    Yhx infonya agan Bermanfaat Agan.. tHX ya..

    BalasHapus
  51. hahaha,ngena bang ,bahkan orang tua saya bilang saya tak pintar bersosialisasi,yah apalah itukan pandangan mereka terhadap saya,tapi saya pastikan saya juga bisa tampil percaya diri didepan umum,saya dikenal banyak orang saat saya menampilkan peran dalan drama musikal berbahasa inggris di kampus saya,saya mengembangkan skill berkomunikasi terbukti saya bisa menjalin hubungan dengan nasabah saya,dmana saat ini saya bekerja di perbankan,dan memang saya hanya membicarakan seperlunya jika memang penting untuk dibicarakan,meskipun dulu saya sempat dibully karna jarang kluar rumah,kurang gaul ,kata orang kampung saya bilang,perlu diingat saya hanya mau berbicara dengan orang yang mau menghargai,introvert adalah orang yang peduli,saya sangat tersentuh dengan orang yang putus sekolah ataupun yang tidak memiliki ketrampilqn karna kurangnya kursus sekolah,saya biasa memotivasi diri sendiri dan orang tersebut,jadilah introvert yqng flexibel

    BalasHapus
  52. hahaha,ngena bang ,bahkan orang tua saya bilang saya tak pintar bersosialisasi,yah apalah itukan pandangan mereka terhadap saya,tapi saya pastikan saya juga bisa tampil percaya diri didepan umum,saya dikenal banyak orang saat saya menampilkan peran dalan drama musikal berbahasa inggris di kampus saya,saya mengembangkan skill berkomunikasi terbukti saya bisa menjalin hubungan dengan nasabah saya,dmana saat ini saya bekerja di perbankan,dan memang saya hanya membicarakan seperlunya jika memang penting untuk dibicarakan,meskipun dulu saya sempat dibully karna jarang kluar rumah,kurang gaul ,kata orang kampung saya bilang,perlu diingat saya hanya mau berbicara dengan orang yang mau menghargai,introvert adalah orang yang peduli,saya sangat tersentuh dengan orang yang putus sekolah ataupun yang tidak memiliki ketrampilqn karna kurangnya kursus sekolah,saya biasa memotivasi diri sendiri dan orang tersebut,jadilah introvert yqng flexibel

    BalasHapus
  53. hahaha,ngena bang ,bahkan orang tua saya bilang saya tak pintar bersosialisasi,yah apalah itukan pandangan mereka terhadap saya,tapi saya pastikan saya juga bisa tampil percaya diri didepan umum,saya dikenal banyak orang saat saya menampilkan peran dalan drama musikal berbahasa inggris di kampus saya,saya mengembangkan skill berkomunikasi terbukti saya bisa menjalin hubungan dengan nasabah saya,dmana saat ini saya bekerja di perbankan,dan memang saya hanya membicarakan seperlunya jika memang penting untuk dibicarakan,meskipun dulu saya sempat dibully karna jarang kluar rumah,kurang gaul ,kata orang kampung saya bilang,perlu diingat saya hanya mau berbicara dengan orang yang mau menghargai,introvert adalah orang yang peduli,saya sangat tersentuh dengan orang yang putus sekolah ataupun yang tidak memiliki ketrampilqn karna kurangnya kursus sekolah,saya biasa memotivasi diri sendiri dan orang tersebut,jadilah introvert yqng flexibel

    BalasHapus
  54. Good! Org introvert terlihat lebih cool dan nga mau ambil pusing, dan yg lebih penting nga suka ikut campur urusan org lain. I'm happy with my introver😁
    Btw thank's artikelnya membantu bgt.. jadi lebih tau tentang introvert👍

    BalasHapus
  55. ada pertanyaan nih saya juga suka merasa sendiri dan banyak kesamaan dari ciri2 introvert yang bro buat tapi kadang saya suka membuka percakapan kepada teman2 saya dan saya selalu mencoba terihat baik saja kadang saya juga berbicara terlalu jujur pada mereka (kadang hal itu penting), tapi sebenarnya saya sendiri tidak mau mengatakan itu , lalu seperti ketawa2 palsu kepada teman2 saya yah itu seperti mencoba membuat suasana saja , jadi sebenernya saya ini bertipe apa ? apakah admin tau ?

    BalasHapus
  56. saya juga introvert pendiam/pemalu suka meyendiri suka hutan gunung tak banyak kawan
    bayangkan satu bulan topup telefon rm5 tak habis call keluar dalam 5 enam kali call masuk dalam 10 kali untuk hal paling penting tapi aku bahagia macam ni

    BalasHapus
  57. Kunjungi situs Agen poker online terpercaya www.Aslibandar.net

    Dapatkan bonus Global Jackpot dan bonus lainnya

    Kemenangan mudah di dapat dan di jamin aman 100%

    CONTACT US
    * Ym: Aslibandar_Cs
    * Phone: 855976375885
    * Fb: AsliBandar
    * Skype: AsliBandar
    * Whatsapp: 85569776588
    * BBM: 2B3C34F4

    BalasHapus
  58. Aku tidak keberatan ntuk mengatakan "YAA.. Untuk postingan ini

    BalasHapus
  59. Gak heran sih hasil saya introvert.Emang dari kecil,sy selalu gak suka kalau org masuk teritori sy seenaknya,org datang ke rumah yg bukan keluarga sy benar2 membuat sy benci krn harus bersosialisasi dgn mereka.Pas dewasa,kadar keintrovert-an sy benar2 100 persen parah bahkan hax utk mendengar org lain buat keributan sedikit sj lgsung membuat sy mengumpat habis2an.Ketika sy dipaksa ke rumah nenek,sy benar2 akan mengamuk tdk peduli sypa yg menyuruh.Lepas pulang dari pesta,pulang kantor,selesai kuliah,yg sy lakukan adlah tidur seharian.Rasax badan sy remuk dan tenaga sy habis terkuras,pdhal jelas2 tdk ad kegiatan fisik yg dilakukan.Ketika saudara sy berkunjung ke kos dan membawa keponakan dr pihak suaminya,yg sy lakukan adalah menyuruh sepupu yg masih kecil utk duduk diam,bahkan saudara sy sendiri,sy buat utk duduk tdk terlalu dekat dgn sy.Bahkan hx utk pergi belanja ke minimarket dan melihat org lain lalu lalang,hax membuat kepala sy sakit dan leher tegang.Jujur,ini benar2 membuat sy kewalahan dan heran sendiri.Tp anehx ketika seharian penuh di kamar,suasana hati sy benar2 membaik bahkan hax dengan menonton,sy bisa tertawa lepas dan rileks.Sy bahkan di cap gadis dingin dan sombong oleh org sekitar sy,kadang sedih sih.Tp ketika berpikir utk ramah,baxk senyum dan mengobrol,entah mengapa sy lebih senang label i2 tetap menempel agar sy tdk usah melakukan hal2 merepotkan i2.Aneh sih,sy dikasihani org2 akan sifat sy,dan jujur selama 1 tahun sy mengabdi d kantor,sy benar2 ingin keluar.Kenapa?Krn melelahkan bertemu org2.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu bukan seorang introvert orang-orang benar menilaimu. Kmu dipenuhi kesombongan, kamu harus membuang kesombonganmu itu.
      dan seorang introvert sejati itu tidak pernah sombong. Hal yg harus kamu ketahui. Seorang introvert itu memikirkan hal hal diluar dugaan seperti misalkan ia ingin sekali kaya. Maka ia terpaksa merenungkan apa saja yg akan ia lakukan dalam jangka pendek dan panjang. Pemikiran yang luas itu yang disebut introvert sejati. Sang introvert akan berhari hari sendiri memikirkannya.
      Introvert sangat menyenangkan sekali

      Hapus
  60. Gak heran sih hasil saya introvert.Emang dari kecil,sy selalu gak suka kalau org masuk teritori sy seenaknya,org datang ke rumah yg bukan keluarga sy benar2 membuat sy benci krn harus bersosialisasi dgn mereka.Pas dewasa,kadar keintrovert-an sy benar2 100 persen parah bahkan hax utk mendengar org lain buat keributan sedikit sj lgsung membuat sy mengumpat habis2an.Ketika sy dipaksa ke rumah nenek,sy benar2 akan mengamuk tdk peduli sypa yg menyuruh.Lepas pulang dari pesta,pulang kantor,selesai kuliah,yg sy lakukan adlah tidur seharian.Rasax badan sy remuk dan tenaga sy habis terkuras,pdhal jelas2 tdk ad kegiatan fisik yg dilakukan.Ketika saudara sy berkunjung ke kos dan membawa keponakan dr pihak suaminya,yg sy lakukan adalah menyuruh sepupu yg masih kecil utk duduk diam,bahkan saudara sy sendiri,sy buat utk duduk tdk terlalu dekat dgn sy.Bahkan hx utk pergi belanja ke minimarket dan melihat org lain lalu lalang,hax membuat kepala sy sakit dan leher tegang.Jujur,ini benar2 membuat sy kewalahan dan heran sendiri.Tp anehx ketika seharian penuh di kamar,suasana hati sy benar2 membaik bahkan hax dengan menonton,sy bisa tertawa lepas dan rileks.Sy bahkan di cap gadis dingin dan sombong oleh org sekitar sy,kadang sedih sih.Tp ketika berpikir utk ramah,baxk senyum dan mengobrol,entah mengapa sy lebih senang label i2 tetap menempel agar sy tdk usah melakukan hal2 merepotkan i2.Aneh sih,sy dikasihani org2 akan sifat sy,dan jujur selama 1 tahun sy mengabdi d kantor,sy benar2 ingin keluar.Kenapa?Krn melelahkan bertemu org2.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ''entah mengapa sy lebih senang label i2 tetap menempel agar sy tdk usah melakukan hal2 merepotkan'' anda bisa bicara seperti itu karna anda nyaman dgn sifat introvert yg anda punya,jikalau seandanya anda terlahir dgn sifat kelebihan protein semasa kandungan yg bisa bikin hyper aktif saat ini anda akan bilang introvert itu membosankan .jdi jngan bangga jdi introvert karna itu bukan kelebihan atau kekurangan . dibilang kekurangan ,sifat itu memang membuat sebagian orang berfikir orang introvert itu benar2 membosankan gaya hidupnya, dibilang kelebihan ya karena orang lain membutuhkan si introvert dn si introvert memang merasa bnyak keuntungan menjadi inrovert. ingat ya ,itu baru ''merasa'' yg artinya ,itu bru pendapat diri sendiri ,blm tentu orang sependapat

      Hapus
  61. Gak enaknya jadi introvert itu kadang orang menilai kita sombong, jutek, dingin, kurang peka dengan sekitar sehingga kadang membuat mereka enggan untuk bersosialisasi dengan kita. Pernah masa - masa saya tidak terima dengan keadaan saya seperti ini dan pernah pula tebersit pikiran untuk bunuh diri. Tetapi untungnya saya sebagai introvert jadi bisa berpikir dengan bijak tentang konyolnya ide tentang bunuh diri. Dari situlah saya mulai belajar menerima keadaan saya. Kita tidak bisa merubah apa yang Tuhan berikan kepada kita, tetapi kita bisa belajar untuk menerima dan menggunakannya untuk kebaikan diri kita sendiri.Menjadi seorang introvert itu tidak mudah, tetapi itu bukan halangan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara kita sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seorang introvert itu menyenangkan sekali buat saya.

      Hapus
  62. Nama saya Farrel. Sejak SMP sebenernya saya sudah ngerasa kalo saya introvert karena saya lebih suka menyendiri dan teman yg akrab sedikit banget. Makanya dulu saya sering di-bully dan sering dibilang aneh. Saat SMA kondisinya relatif sama, teman saya cuma 3 orang. Untungnya, karena SMA saya di homeschooling yg muridnya lebih sedikit, saya merasa lebih nyaman. Setelah masuk kuliah, mama saya bilang agar saya bergaul agar punya banyak teman. Hasilnya? Seperti yg bisa diduga,no matter how hard I try, teman saya tetap bisa dihitung jari. Mungkin memang sudah dari sananya kalau introvert tidak bisa punya banyak teman. Awalnya saya sedih dan galau 'kenapa saya seperti ini?' Tapi setelah saya browsing(termasuk di blog ini), saya baru sadar bahwa introvert tidak bisa diubah dan saya pun mencoba untuk menerima dan mensyukuri pemberian Tuhan ini sembari terus belajar agar pemberian ini bisa dimanfaatkan untuk kemajuan dan kebaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Introvert bisa diubah sesuai keinginan bahkan beberapa menit saja. Jika keinginan seorang introvert terpenuhi.

      Hapus
  63. Apakah saya termasuk introvert saya suka dengan pemikiran saya sendiri trus kalo saya di ajak tempat keramayan saya jarang PD kalo sedang ngobrol dengan cewe biasa y saya minder kalo surat"an saya ngga minder apakah saya termasuk anak introvert

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu bukan seorang introvert, yang perlu anda perbaiki buang rasa malu itu sejauh mungkin.
      Seorang introvert tidak akan pernah malu

      Hapus
  64. apakah orang introvert tergolong orang bodoh

    BalasHapus
  65. Orang introvert tidak akan pernah mengakui kalau ia seorang introvert.

    BalasHapus
  66. kepribadian saya sangat persis seperti yg ditulis diatas .
    apa ada cara untuk menghilangkan kepribadian tsb ?

    saya sudah coba bermacam cara, termasuk ke club, karokean, dll . yg mana saya sama sekali tidak menikmatinya -__-
    saya juga slalu cari temen yg banyak bacod+PD agar seperti dia . tapi ga ada hasil .

    apa temen2 ada saran yg lain , saya merasa dirisaya ini aneh . karna kepribadian seperti ini

    BalasHapus
  67. "Binggung .....!!! Tidak ada penghasilan.....???

    Nahh,ini waktu nya kalian bergabung di situs SUKABANDAR...Hanya Dalam Waktu Sehari Bisa Menghasilkan Berjuta-Juta.....!!! ^^
    Ayo, Buruan Tunggu Apa Lagi...!!! Segera Gabung Di Situs Terpecaya "SUKABANDAR"
    Bukan MIMPI Lagi Untuk Dapatkan Penghasilan Yang Lebih Dalam Sehari..!!!

    Situs "SUKABANDAR" Online yang akan Membuat MIMPI Anda Menjadi Kenyataan
    Hanya Di SUKABANDAR ^-^

    Dan Dapatkan Juga Bonus Rollingan/TO Sebesar 0.3 - 0,5% / HARI
    Bonus Referral Sebesar 200% Seumur Hidup Hanya Di {suka88.tk}

    Info Lebih Lanjut Hubungin kami :

    BBM : D8E87241
    LINE : christella288
    Telp / WA : +62 878 8707 6927

    BalasHapus
  68. Halo, saya baru Nemu blog ini. Dan sungguh informatif. Boleh minta kontak untuk komunikasi lanjut? Ada yang ingin saya tanyakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda sudah membaca nya, saya harap hubungi kontak saya: 081276650383. Terimakasih

      Hapus