Efektifkah Sekolah 8 Jam?



Pelajar memang mempunyai kewajiban untuk belajar, itulah fungsi utama pelajar. Tetapi apakah dengan menyandang titel pelajar, lantas kita memang harus senantiasa belajar terus menerus belajar selama-lamanya setiap hari? Apakah dengan belajar selama 8 jam lebih baik ketimbang belajar 5 jam?

Dengan  waktu belajar yang cukup lama hingga 8 jam. Maka, proses belajar mengajarpun akan mepunyai waktu yang cukup, bahkan banyak. Satu mata pelajaran dapat dibahas hingga 3 jam pelajaran, dan secara teoritis murid menyerap pelajaran lebih banyak. Jika waktu kegiatan belajar mengajar hanya 5 jam, maka waktu belajarpun dipersingkat dan dibagi-bagi, mungkin ada pelajaran yang hanya dapat porsi satu jam atau bahkan setengah jam.

Seperti jika dalam sehari  4 pelajaran dan misalkan KBM-nya hanya 5 jam, maka rata-rata satu mata pelajaran hanya dapat jatah 1-2 jam ( 1 jam= 45 menit ) dan belum dipotong waktu istirahat yang biasanya hanya 15 menit. Tetapi jika kita ambil KBM yang berlangsung 8 jam, maka rata-rata satu mata pelajaran dapat memakan waktu 2-3 jam, dan dipotong dua kali istirahat ( normalnya jam 10 dan  jam 12 )

Setelah saya mengambil dan mewawancarai beberapa kolega dan kakak kelas sekolah saya, pendapatnyapun beragam. Kita bahas Pro & Kontranya. 

PRO
Dari yang pro, pendapat mereka menunjukan bahwa mereka memang memandang efektif kegiatan belajar hingga 8 jam. Kenapa? Karena waktu tersebut pas dan telah diselingi dua kali istirahat, juga banyak yang bilang lebih asik belajar disekolah ketimbang dirumah, karena sudah malas dan tidak enak untuk belajar kembali.




KONTRA
Dari yang kontra banyak pendapat menunjukan bahwa, belajar 8 jam tidaklah strategis, mengapa? Jika kita terus menerus belajar dan hanya diberi waktu istirahat 2x maka otakpun akan lelah, apalagi saat jam-jam siang, tubuh dan fikiran sudah penat dan lelah untuk berfikir. 

Seharusnya menurut peneliti kesehatan, dianjurkan untuk tidur siang. tetapi kita tetap dipaksa belajar.  Membuat penyerapan ilmu tidak begitu efektif.

Saya sendiri juga lebih memilih 5 jam KBM, Dengan belajar 5 jam maka otak berhenti bekerja disaat yang tepat, dan bisa beristirahat. Tidak begitu efektif untuk belajar 8 jam tetapi mood sudah dalam keadaan ngantuk. Tapi dalam catatan 5 jam tersebut tidak sia-sia dan di press untuk belajar terus, maka ilmupun akan terserap lebih efektif dan muridpun bisa beristirahat.

Karena faktanya adalah siang hari bukanlah saat yang Optimal bagi otak untuk berfikir. Dan juga karena jika 8 jam belajar, maka saat pulang kita sudah penat dan pusing maka untuk saat mengerjakan pr-pun tidak ada konsentrasi karena masih kecapekan.

Yang terpenting adalah kita harus rajin memanfaatkan waktu dan stamina sebaik-baiknya, jangan terlalu stress dan jangan terlalu santai. 

Serious but Enjoy

So, gimana menurut sobat? Apakah termasuk yang Pro atau yang Kontra?
Jangan ragu untuk mengeluarkan aspirasimu di kolom komentar!

Sekian postingan mengenai Opini dari saya.
Baca juga Tips lainnya di Opini
Baca terus artikel yang menarik lainnya hanya di Far Is Note!


Komentarmu merupakan motivasi bagi saya!

Related Post:

3 komentar: